Pages

Welcome My Blog"s El-Nino

My Blog"s El-Nino

Oil Water Separator

Jumat, 12 April 2013




Oily Water Separator (OWS
)
adalah pesawat yang mampu memisahkan air dari air buangan yang mengandung minyak sampai hasil pemisahannya mencapai kurang dari 15 ppm.


Bagin-bagian dan fungsi OWS yaitu :
  • Blige Pump, berfungsi sebagai penghisap air got 
  • Bilge Separator ( Stage I ), berfungsi sebagai tabung pemisah air got dengan minyak.
  • Coaliser ( Stage II ), berfungsi sebagai penampungan air got yang di pisah oleh bilge separator dari endapan minyak.
  • Disk ( Lempengan-lempengan ), berfungssi sebagai alat pemisah air got dengan minyak karena perbedaan berat jenis
  • Piston valve, berfungsi sebagai katup untuk mengalirkan air isap yang terpisah yang dimana minyak air kotor masuk ke Sludge tank.
  • Selenoide Valve, berfungsi sebgai pengatur aliranair got, bekerja atas dasar kiriman sinyal dari minyak air kotor ( centra unit )
  • Sludge Oil Tank ( tangki minyak air kotor  ), berfungsi sebagai penampungan minyak air kotor.
  • Filter, berfungsi sebagai penyaringan yang berada di coaliser ( stage II ).
 Prisip dan Kerja OWS : 
Air got dihisap oleh Bilge pump diteruskan ke bilge separator ( stage II ) yang bercampur dengan minyak. Gravity Disck dalam bilge separator yang berputar secara sentrifuse oleh motor penggerak yang mengakibatkan memisahnya bagian-bagian berat dengan lain-lainnya yang ringan. karena pengaruh berat jenis antara air got dengan minyak kotor, maka minyak kotor terlempar bagian atas, sedangkan bagian air got terlempar kebawah ( pengaruh sentrifugal ). minyak tersebut akan mengirim sinyal ke unit control mengakibatkan selenoide valve bekerja, membuka membran piston valve, sehigga minyak kotor masuk ke sludge tank,s sedangkan air got masuk ke coaliser ( stage II ) . ke fillter naik keatas sisi kananmembalik menurun kebawah lewat filtter ke sisi kiri. konsentrasi air got dapat di monitor menggunakan OPM ( Oil Pollution Monitor ) bila konsentrasi menunjukan 15 ppm maka air got di buang kelaut namun bila konsentrasi melebihi dari 15 ppm maka keadaan sistem coaliser secara flushing dengan harapan menurunkan ppm tersebut normal dengan menurunkan overboard. minyak kotor akan ditampung di sludge tank, selanjutnya di bakar menggunakan Insalator yang mengakibatkan minyak terbakar menjadi gas dan dikarenakan pencemaran minyak tidak diperbolehkan di buang ke laut. 


Hierarki Awak Kapal



Hirarki diatas kapal Terbagi menjadi Departemen Dek dan Departemen Mesin, selain terbagi menjadi perwira/Officer dan bawahan/Rating.
* Perwira Departemen Dek
  • Kapten/Nakhoda/Master adalah pimpinan dan penanggung jawab pelayaran
  • Mualim I/Chief Officer/Chief Mate bertugas pengatur muatan, persediaan air tawar dan sebagai pengatur arah navigasi
  • Mualim 2/Second Officer/Second Mate bertugas membuat jalur/route peta pelayaran yg akan di lakukan dan pengatur arah navigasi.
  • Mualim 3/Third Officer/Third Mate bertugas sebagai pengatur, memeriksa, memelihara semua alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas sebagai pengatur arah navigasi.
  • Markonis/Radio Officer/Spark bertugas sebagai operator radio/komunikasi serta bertanggung jawab menjaga keselamatan kapal dari marabahaya baik itu yg di timbulkan dari alam seperti badai, ada kapal tenggelam, dll.
* Perwira Departemen Mesin :
  • KKM (Kepala Kamar Mesin)/Chief Engineer, pimpinan dan penanggung jawab atas semua mesin yang ada di kapal baik itu mesin induk, mesin bantu, mesin pompa, mesin crane, mesin sekoci, mesin kemudi, mesin freezer, dll.
  • Masinis 1/First Engineer bertanggung jawab atas mesin induk
  • Masinis 2/Second Engineer bertanggung jawab atas semua mesin bantu.
  • Masinis 3/Third Enginer bertanggung jawab atas semua mesin pompa.
  • Juru Listrik/Electrician bertanggung jawab atas semua mesin yang menggunakan tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan.
  • Juru minyak/Oiler pembantu para Masinis/Engineer
* Ratings atau bawahan
a. Bagian dek:
  • Boatswain atau Bosun atau Serang (Kepala kerja bawahan)
  • Able Bodied Seaman (AB) atau Jurumudi
  • Ordinary Seaman (OS) atau Kelasi atau Sailor
  • Pumpman atau Juru Pompa, khusus kapal-kapal tanker (kapal pengangkut cairan)
b. Bagian mesin:
  • Mandor (Kepala Kerja Oiler dan Wiper)
  • Fitter atau Juru Las
  • Oiler atau Juru Minyak
  • Wiper
c. Bagian Permakanan:
  • Juru masak/ cook bertanggung jawab atas segala makanan, baik itu memasak, pengaturan menu makanan, dan persediaan makanan.
  • Mess boy / pembantu bertugas membantu Juru masak
Sertifikat pelayaran

Saat ini untuk menjadi pelaut, seseorang harus memiliki ijazah-ijazah yang diperlukan, hal ini menyebabkan tumbuhnya sekolah-sekolah pelayaran mulai dari tingkat SLTA sampai ke perguruan tinggi. Yang mana dengan Tingkatan sebagai berikut :
lulusan SLTP dapat melanjutkan ke Sekolah Kejuruan Pelayaran (Setarap SLTA) dengan Sistim Pendidikan 3 Tahun Belajar teori 1 tahun Praktek Berlayar (PROLA) yang mana lulusan dari SKP ini mendapatkan IJasah setara SLTA dan ANT IV.

Ijazah Pelaut
Ijazah bagi pelaut (perwira) di Indonesia terbagi atas ijazah dek dan ijazah mesin.

Ijazah Dek
Ijazah Dek dari yang tertinggi adalah:
1. Ahli Nautika Tingkat I (ANT I) ; dulu Pelayaran Besar I (PB I), dapat menjabat Nakhoda kapal dengan tak terbatas berat kapal dan alur pelayaran

2. Ahli Nautika Tingkat II (ANT II) ; dulu Pelayaran Besar II (PB II), dapat menjabat:
* Mualim I/Chief Officer tak terbatas berat kapal dan pelayaran;
* Nakhoda/Master pada kapal kurang dari 5000 ton dengan pelayaran tak terbatas
* Nakhoda/Master kapal kurang dari 7500 ton daerah pantai dan harus pengalaman sebagai Mualim I selama 2 tahun

3. Ahli Nautika Tingkat III (ANT III) ; dulu Pelayaran Besar III (PB III), dapat menjabat: Mualim I/Chief Officer max 3000 DWT

4. Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV) ; dulu Mualim Pelayaran Intersuler (MPI): Perwira kapal-kapal antar pulau

5. Ahli Nautika Tingkat V (ANT V) ; dulu Mualim Pelayaran Terbatas (MPT): Perwira kapal-kapal kecil antar pulau

6. Ahli Nautika Tingkat Dasar (ANT D)

Ijazah Mesin
 Ijazah Mesin dari yang tertinggi adalah:
1. Ahli Teknik Tingkat I (ATT I) ; dulu Ahli Mesin Kapal C (AMK C): Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer kapal tak terbatas

2. Ahli Teknik Tingkat II (ATT II) ; dulu Ahli Mesin Kapal B (AMK B), dapat menjabat:
* Masinis I/Second Engineer kapal tak terbatas
* Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
* Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin tak terbatas, pelayaran daerah pantai

3. Ahli Teknik Tingkat III (ATT III) ; dulu Ahli mesin Kapal A (AMK A), dapat menjabat:
* Perwira Jaga (tak terbatas)
* Masinis I/Second Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
* Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW daerah pantai harus pengalaman 2 tahun sebagai Masinis I

4. Ahli Teknik Tingkat IV (ATT IV) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Intersuler (AMKPI): Masinis kapal-kapal antar pulau

5. Ahli Teknik Tingkat V (ATT V) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Terbatas (AMKPT): Masinis Kapal-kapal kecil antar pulau

6. Ahli Teknik Tingkat Dasar (ATT D)

Sertifikat ketrampilan
Sertifikat ketrampilan ini merupakan sertifikat yang wajib dimiliki oleh para pelaut di samping sertifikat formal di atas. Diantaranya adalah:
  • Basic Safety Training (BST)/Pelatihan Keselamatan Dasar
  • Advanced Fire Fighting (AFF)
  • Survival Craft & Rescue Boats (SCRB)
  • Medical First Aid (MFA)
  • Medical Care (MC)
  • Tanker Familiarization (TF)
  • Oil Tanker Training (OT)
  • Chemical Tanker Training (CTT)
  • Liquified Gas Tanker Training (LGT)
  • Radar Simulator (RS)
  • ARPA Simulator (AS)
  • Operator Radio Umum (ORU) / GMDSS

Survey dan Sertifikat Kapal

Kamis, 11 April 2013



Untuk kapal tanki minyak dengan GT 150 atau lebih dan kapal-kapalselain kapal tangki di syaratkan untuk membawa sertifikat IOPP ( International Oil Pollution Prevention ) terhitung 2 oktober 1983, sertifikat akan berlaku selama 5 tahun dan setelah itu akan dilakukan beberapa survey yaitu :
  • Survey Tahunan ( Annual Survey ) dilakukan 3 bulan sebelum atau sesudah tahun pertama sertifikat diterbitkan.
  • Survey Antara ( Intermedite Survey ) dilakukan 6 bulan sebelum atau sesudah pertengahan tanggal berlakunya sertifikat ini.
  • Survey Pembaharuan sertifikat dilaksanakan setalah masa berlaku sertifikat berakhir.


SERTIFIKAT AKAN GUGUR BILAMANA;
1. Kapal dijumpai pada saat survey sangat berbeda dari rincian yang ada pada sertifikat.
2 Bila survey antara tidak dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.
3. Kapal diahlikan ke bendera negara lain.
Sebelum sertifikat di terbitkan untuk pertama kali harus dilakukan Survey pertama ( Initial Survey ) hal ini bertujuan untuk memastikan struktur, sistem, peralatan, penetaan, dan materialnya memuaskan dan telah memenuhi persyaratan-persyaratan dan berada dalam kondisi baik.
Dokumen yang harus ada diatas kapal antara lain :

1.Sertifikat IOPP yang berisikan antara lain :
  • Negara yang mengeluarkan
  • Nama kapal
  • Nomor atau huruf pengenal
  • Tempat pendaftaran
  • Isi kotor kapal
  • Tanggal dikeluarkannya sertifikat
  • Masa berlaku sertifikat dan tanda tangan yang dikeluarkan

2. Buku petunjuk kerja dan perlengkapan COW yang di setujui.
3. Buku catatan minyak ( Oil Record Book ) dan buku catatan muatan ( Cargo Record Book )
4. Serifikat keselamatan perlengkapan keselamatan kerja.

GANTI RUGI PENCEMARAN LAUT

Guna pemulihan kerusakan atau kerugian yang di timbulkan terhadap laut ,pantai,sumber hayati dan lainnya tumpahan  minyak dari kapal, maka di perlu dana yang cukup besar. untuk mengatasi hal tersebut maka secara Internasional di bentuk suatu lembaga-lembaga penjamin ganti rugi seperti :
  • TOVALOP ( Tanker Owner Agreement Concerning Liabillity Oil Pollution ) yang berdiri dari tahun 1969 dibentuk oleh para pemilik kapal.
  • CRISTAL ( Contract Regarding and Interim Sumpplement to Tanker Liabillty Oil Pollution ) yang berdiri sejak tahun 971 di bentuk oleh pemilik minyak yang dianggkut oleh kapal tangki anggota TOVALOP
  • P&I Club ( Protection and  Indemnity Clib ) Yaitu lembaga perlindungan ganti rugi yang merupakan gabungan dari beberapa perusahaan asuransi.
  • IOPC  Fund ( International Oil Pollution Compensation Fund ) Yang berdiri sejak tahun 1971 dan beranggota neagara-negara yang telah meratiifikasi konvensi Fund 1971 termasuk Indonesia dengan Keppres No.19 Tahun 1978.

Pengertian Pompa diatas kapal

Jumat, 05 April 2013

Pompa adalah suatu pesawat bantu yang di pergunakan untuk memindahkan suatu zat ( cair atau gas ) dari suatu tempat ke tempat lain karena adanya perbedaan tekanan.

Pembagian jenis pompa:
Dari cara geraknya, pompa-pompa pada umumnya dapat dibedakan dalam 2 macam utama yaitu:
a. Pompa dengan gerak lurus bolak balik.
b. Pompa denagn gerak rotasi atau berputar.

¤ pompa dengan gerak lurus bolak-balik di golongkan:
1. Pompa plunyer / torak kerja ganda artinya setiap dua langkah menghasilkan satu volume langah.
2. Pompa plunyer/torak kerja ganda artinya setiap torak menghasilkan volume langkah.
3. Pompa plunyer/torak kerja secara diferensial, pompa ini merupakan gabungan dari pompa kerja tunggal atau kerja ganda.


¤ Pompa dengan gerak rotasi atau berputar dapat digolongkan yaitu:
1. Pompa sentrifugal
2. Pompa Roda Gigi, pompa ini sering dipakai untuk berbagai jenis seperti pompa minyak lumas, pompa pemindah bahan bakan, dan bahan bakar untuk ketel uap.
3. Pompa Ulir, termasuk pompa yang dapt menghisap sendiri.
4. Pompa Sayap, pompa ini dianggap sebagai pompa isap dan tekan.

Pesawat bantu diatas kapal

Pesawat bantu adalah pesawat yang membantu menunjang kinerja diatas kapal.jumlah-jumlah Pesawat bantu diatas kapal yaitu :

~ Sluge pumps 2 buah
~ Boiler feed pumps 2 buah
~ Fire wash deck pumps 1 buah
~ Generator service pumps 1 buah
~ Ballast pumps 1 buah
~ E.R bilge pumps 1 buah
~ Refrigenating sirculating pumps 2 buah
~ Fresh water pumps 2 buah
~ Sanytary pumps 1 buah
~ Starting air compressor 2 buah
~ Starting air reservoir 2 buah
~ Main L.O cooler 1 buah
~ Main jacket water cooler1 buah
~ Main piston water cooler 1 buah
~ Generating engine 3 buah
~ Storage,Drain,Sluge,etc 23 buah
~ Heat Exchanger 9 buah
~ Small pumps 10 buah
 

Blogger news

Blogroll

Most Reading