Pages

Welcome My Blog"s El-Nino

My Blog"s El-Nino

Info Ijazah Pelaut Terbaru

Rabu, 08 Mei 2013

bekerja. Sekolah pelayaran adalah salah satu sekolah kejuruan yang memiliki banyak peminat. Peminat yang banyak tentu saja dipengaruhi dengan banyaknya lowongan kerja pelayaran yang ada di Indonesia ataupun di luar negeri. Dengan bekal ijazah yang dimiliki oleh siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan mereka di sekolah tersebut, mereka dapat mulai bekerja di yang ada dimana saja. Ijazah yang dimiliki oleh para calon pelaut tersebut akan semakin berguna sebagai syarat bekerja jika ditambah dengan sertifikat dari diklat pelayaran. Semua keahlian yang dimilikikan memberikan keuntungan besar dalam penentuan posisi pekerjaan di kapal.

Jenis Ijazah Pelaut

Di dunia pelayaran, ijazah pelaut harus diakui secara internasional. Hal ini menjadi sangat penting karena banyak sekali pelaut asal Indonesia yang bekerja pada perusahaan pelayaran di luar negeri. Menurut Amandemnet SCTW Manila nama sertifikat dan ijazah pelaut mengalami perubahan. Berikut ini adalah nama ijazah pelaut dan sertifikat pelaut yang terbaru. Ijazah yang dulunya bernama ANT (Ahli Nautika  Tingkat)/ATT (Ahli Teknik Tingkat)

Perubahan Ijazah dan Sertifikat-sertifikat :

IV s/d I. Ijazah ANT.D/ATT.D juga berubah menjadi NWR atau Navigational Watch Rating. Perubahan nama ijazah tersebut berlaku di tahun 2013 ini. Selain itu , ada beberapa perubahan yang juga terjadi pada
nama-nama ijazah atau sertifikat untuk perwira deck – IV dan III.

Nama-nama sertifikat yang baru adalah
  • ECDIS
  • BRM,
  • SAT atau Security Aware Training
  • Application of Leadership & Team Working Skill, Environment Aware Training, dan
  • Cargo Space Inspection.

Semua sertifikat tambahan tersebut sangat diperlukan oleh para pelaut agar mereka bisa mendapatkan posisi perwira di perusahan pelayaran yang bonafid. Ada nama sertifikat yang baru yang berlaku untuk perwira deck II dan I. Sertifikat yang baru adalah Navigate at Polar Water.

untuk Perwira Mesin – IV s/d I berubah menjadi COP atau Certificate of proficiency –
Untuk perwira mesin, sertifikat tambahan yang harus dimiliki adalah Engine Resort Management, Security Aware Training, Application of Leadership and Team Working Skill, Marine Steam Turbin, dan Marine Steam Boiler.

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading